hit tracker
Toyota Nasmoco Tegal

Jl. Martoloyo No.113-115, Mintaragen, Tegal

Menu

Uniknya Wisata Via Ferrata Bukit Gua Rangkok

Saturday, June 22nd 2019.

Wisata desa yang akan diresmikan oleh bupati, Senin (24/6) kemudian menjadi magnet bagi wisatawan yang senang dengan tantangan.

Kepala Kecamatan Pagerwangi, Kabupaten Balapulang Waluyo, Sabtu (22/6) mengatakan, Gua Via Ferrata Wisata Bukit Rangkok merupakan rujukan kepada masyarakat Kabupaten Tegal yang senang dengan tantangan tersebut. Karena tur ini, selain menonjolkan pemandangan alam yang indah juga merupakan tantangan untuk panjat tebing. "Desa Pagerwangi terletak sekitar 13 kilometer dari kota Slawi, dengan waktu perjalanan sekitar 30 menit. Rute menuju desa Pagerwangi cukup mudah, dengan lalu lintas yang cukup lancar," katanya.

Kecamatan Balapulang memiliki lanskap yang unik. Topografi berbukit dan didominasi oleh batuan yang merupakan sisa-sisa aktivitas gunung berapi Slamet.

"Ketika garis lurus ditarik, Gunung Slamet hanya berjarak sekitar 19 kilometer dari Desa Pagerwangi yang memiliki latar alam yang indah ini," katanya.

Di Desa Pagerwangi, ada dua bukit, tambah Waluyo, untuk menjadi penanda unik lanskap desa, sehingga bahkan dari kejauhan orang dapat dengan mudah mengetahui lokasi desa dengan populasi 1541.

Bukit Penawungan dan Bukit Gua Rangkok, nama dua bukit yang namanya tertulis di peta Belanda kuno dibuat pada tahun 1941. Puncak tertinggi bukit Penawungan memiliki ketinggian 425 meter di atas permukaan laut. Bukit ini yang tanahnya termasuk ke dalam populasi individu cukup padat dengan banyak spesies pohon.

Namun sayangnya beberapa bukit ini sekarang rusak karena eksploitasi penambangan C yang digali, karena di bawah tanah ada lapisan batu tebal yang biasa digunakan sebagai bahan dalam pekerjaan konstruksi.

"Untuk bukit Goa Rangkok, posisinya tepat di depan Bukit Penawungan, puncak tertinggi di bukit ini memiliki ketinggian 373 meter di atas permukaan laut. Dari kaki bukit dengan banyak pohon hingga puncak bukit dalam bentuk batu, ia memiliki ketinggian hampir 100 meter, Goa Rangkok Hill memiliki sejumlah tebing simultan, dan lima puncak batu dengan berbagai bentuk formasi unik, puncak Wawang Lawang 1 dan 2, Tatu Watu, Watu Kukusan, dan Pengancikan, "tambahnya.

Dari puncak bukit gua Rangkok, terus ke Waluyo, pengunjung dapat melihat pemandangan indah Desa Pagerwangi dan desa-desa sekitarnya. Terutama pada sore sebelum matahari terbenam. Di sinilah pengunjung dapat menikmati pemandangan indah panorama alam premium, campuran sawah hijau dan bukit-bukit, dicampur dengan warna kemerahan senja.

Jenis batu yang membentuk tebing dan puncak Goa Rangkok adalah batu breksi. Kata breccia berasal dari bahasa Italia, yang berarti "kerikil longgar" atau batu batu yang dibuat dari semen semen & # 39; #. Batu breksi berasal dari magma, fragmen breksi memiliki ukuran yang relatif besar, setidaknya lebih dari 2 mm, dan memiliki banyak sudut, di mana ruang antara serpihan butiran diisi dengan partikel yang lebih kecil (biasanya disebut matriks) atau semen dalam bentuk mineral yang mengikat batu bersama.

Via ferrata adalah teknik memanjat dengan memanjat tangga besi & # 39; di tebing. Setrika yang ditanam di sepanjang dinding batu terpisah 50 cm pada kedalaman 20 cm. Peralatan keselamatan hingga tangga besi dari semua standar.

Satu tangga besi dapat menopang beban 22 pound Newton, setara dengan 500 kilogram.

Climbers menggunakan peralatan keselamatan standar dalam bentuk harness, tali panjat, lanyard, carabiner, dan helm. Setiap orang memiliki dua tempat perlindungan. Satu dipasang pada kabel baja yang membentang di kiri atau kanan tangga. Keselamatan lainnya dipasang di tangga melalui ferrata.

Tercatat dalam sejarahnya, generasi pertama melalui ferrata lahir di Austria pada tahun 1843, oleh Hocher Saschein. Pada tahun 1869 itu dibuat melalui ferrata yang menghubungkan dua puncak gunung Grosaclockner, puncak tertinggi di Austria. (guh / ima)

Mobil Terbaru

Related Article Uniknya Wisata Via Ferrata Bukit Gua Rangkok

Saturday 22 June 2019 | berita

SLAWI – Forum Silaturahmi Nusantara (FSN) akan menggelar halalbihalal lintas agama, Sabtu (22/6) pukul 19.00 WIB di Adhi Dharma House Hook Ie Kiong Slawi. Acara…

Sunday 16 June 2019 | berita

Cakades Buaran, Distrik Jatibarang Budi Arti Indrasuhardani menjelaskan ketika dia menyertai bahwa dia mengalami kemajuan karena dia membantu suaminya, Didik Setiyono "Hanya membantu suaminya, sekali…

Thursday 4 April 2019 | berita

Kepala PPP Kabupaten Tegal, Berlian Adji, Rabu (3/4) mengatakan keberadaan orang gila telah mengganggu masyarakat. Bahkan kemarin sebuah insiden gila berkecamuk di dekat sebuah pabrik…