hit tracker
Toyota Nasmoco Tegal

Jl. Martoloyo No.113-115, Mintaragen, Tegal

Menu

TPS Dekat Rumah dan Posko Caleg Rawan

Monday, April 15th 2019.

TPS yang rentan terhadap salah satunya di dekat rumah calon legislatif (Caleg) dikategorikan rentan selama Pemuter 2019. Poin TPS rentan lainnya juga dapat terjadi di dekat posko. setiap Caleg. Ketidakamanan bukan hanya konflik, tetapi juga praktik politik uang.

"TPS adalah salah satu dari yang di dekat rumah Caleg, baik Kabupaten Caleg, Provinsi, atau Pusat. TPS di dekat pasca pemilihan juga sangat rentan," kata Bawaslu Brebes, Wakro di kantornya, Senin /4).

Bawaslu menjelaskan, TPS pragmatis adalah tempat pemungutan suara yang berpotensi mengganggu pelaksanaan dan penghitungan suara di TPS yang berdampak pada hilangnya hak memilih. Itu mempengaruhi pilihan pemilih dan mempengaruhi hasil pemilihan.

Sementara pemetaan rawan TPS bertujuan untuk memetakan kerentanan sebagai tindakan pencegahan untuk mengantisipasi terjadinya potensi pelanggaran di hari pengumpulan dan penghitungan suara.

"Pemetaan ini juga untuk menyediakan data analisis berbasis TPS untuk mengembangkan langkah-langkah pencegahan terhadap pelanggaran pemilu pada tahap pemungutan dan penghitungan suara, dan untuk mengukur tingkat pengetahuan dan kesiapan pengawas TPS dalam melakukan pemantauan pemungutan suara dan penghitungan suara," tambahnya.

ldentifkasi dan pemetaan TPS yang rawan pemilu 2019 didasarkan pada 4 variabel dengan 10 indikator atau fokus pengawasan. Pemetaan tersebut sesuai dengan Surat Bawaslu RI No. 0674 / K-Bawaslu / PM.00.00 / ll / 2019 tanggal 1 April 2019 tentang Implementasi Pengisian Instrumen Pemetaan TPS dalam Pemilihan Umum Tahun 2019. Bawaslu juga merinci 10 indikator TPS yang rentan.

TPS kategori rentan meliputi, ada pemilih DPTb di TPS, ada pemilih DPK di TPS, TPS dekat rumah sakit, TPS dekat universitas, TPS dekat lembaga pendidikan (pesantren / asrama), ada praktik pemberian uang atau barang pada periode kampanye di TPS, ada penghinaan dan menghasut praktek di antara pemilih tentang masalah agama, etnis, ras dan kelas di sekitar TPS.

Selain itu, pragmatisitas TPS diindikasikan ketika petugas KPPS berkampanye untuk peserta pemilu, TPS berada di dekat kantor pos / rumah kampanye dan peserta Pemilu, dan ada logistik peralatan pemungutan suara yang rusak di TPS. 10 indikator yang menjadi fokus Bawaslu pada pemetaan TPS rentan.

"Kami sudah memiliki hasil TPS yang rentan, dan itu juga dikenal sebagai ukuran antisipasi pengawasan," pungkasnya. (fid / wan)

Mobil Terbaru

Related Article TPS Dekat Rumah dan Posko Caleg Rawan

Monday 25 March 2019 | berita

Kepala Kepolisian Kota AKBP Siti Rondhijah setelah pelantikan mengatakan bahwa jumlah orang yang dipindahkan adalah lima. Mereka adalah Wakil Kepala Polisi, Kabagren, dua Kepala dan…

Wednesday 24 April 2019 | berita

Tiga penyelenggara pemilihan umum dirawat di rumah sakit oleh Sutrisno (50), sekretaris PPS Desa Dermasuci Kecah Kecamatan, dr Soesilo Slawi, karena kecelakaan itu. Kepala KPPS…

Saturday 1 June 2019 | berita

Kios ini tersebar di sepanjang Jalan Tol Pejagan, Kabupaten Brebes ke Solo. Selain itu, upaya lain juga dilakukan untuk mengantisipasi kekurangan stok minyak. Senior Pengawas…