hit tracker
Toyota Nasmoco Tegal

Jl. Martoloyo No.113-115, Mintaragen, Tegal

Menu

Suket Pengganti E-KTP Sah untuk Mencoblos

Sunday, March 31st 2019.

Komisaris KPU di Divisi Operasi Teknis Kabupaten Tegal Muhammad Fasihin mengatakan bahwa partainya sedang menunggu surat pekeliling dari KPU pusat setelah keputusan semakan kehakiman di Mahkamah Konstitusi yang diperbolehkan suket yang digunakan untuk melemparkan.

"Kami sedang menunggu surat pekeliling dari KPU pusat mengenai hasil pemeriksaan kehakiman di Mahkamah Konstitusi. Jika sudah tersedia, kami akan segera bersosialisasi kepada masyarakat," kata Fasihin, Sabtu (3/30). Walaupun dia tidak menerima surat pekeliling, Fasihin menyatakan pada dasarnya partainya sudah mengetahui dan memahami keputusan yang dibuat oleh Mahkamah Konstitusi, yaitu membenarkan penggunaan suket untuk memilih pemilih yang tidak berdaftar dengan DPT dan tidak memiliki kartu ID elektronik.

"Keputusan Mahkamah Konstitusi adalah muktamad dan bersamaan dengan undang-undang, maka itu harus dilaksanakan. Kami hanya menunggu surat edaran dari KPU pusat," katanya.

Menurut Fasihin, sebelum ini penduduk yang berhak untuk mengundi tetapi tidak didaftarkan di DPT harus menunjukkan e-KTP jika mereka ingin menggunakan hak suara mereka pada hari pengundian di pusat pengundian. Peraturan untuk memilih syarat-syarat yang telah disosialisasikan oleh KPU semasa bimbingan teknikal kepada penganjur pemilihan dan sosialisasi kepada masyarakat.

Selepas keputusan Mahkamah Perlembagaan, pengundi yang tidak berdaftar di DPT kini boleh memilih untuk menggunakan suket yang membuktikan bahawa mereka telah merekodkan e-KTP di Penduduk dan Pejabat Pendaftaran Sivil (Disdukcpil)

"Apabila menggunakan hak untuk mengundi kemudian satu jam terakhir atau bermula pukul 12.00 kerana mengundi di stesen mengundi ditutup pada pukul 1:00 pagi. Kemasukan DPK (Senarai Pemilih Khas)," jelasnya.

Seperti yang diketahui, dalam semakan kehakiman Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum yang dibacakan pada hari Kamis (28/3), Mahkamah Konstitusi memberikan sebagian dari tuntutan pemohon. Itu adalah untuk membenarkan pengundi dapat mengundi bukan sahaja dengan e-KTP tetapi dengan pengganti e-KTP yang dikeluarkan oleh Disdukcapil. (jauh / zul)

Mobil Terbaru

Related Article Suket Pengganti E-KTP Sah untuk Mencoblos

Friday 31 May 2019 | berita

Memantau jalan tol KM 263 Brebes Barat pada pukul 10.00 pagi, terjadi peningkatan jumlah pelancong yang memasuki jalan tol Trans Jawa Pejagan-Pemalang. Untuk lalu lintas,…

Tuesday 2 July 2019 | berita

Wakil Ketua Komisi IV Bakhrun, Selasa (2/7) mengatakan dewan dalam waktu dekat akan mengundang departemen terkait untuk membahas masalah ini. Sejak hanya sampai Mei, telah…

Tuesday 30 July 2019 | berita

Empat desa adalah Whalar, Kamal, Pemulihan, dan Desa Karangbale. Kepala Distrik Larangan Imam Tauhid mengakui bahwa ia telah mengumpulkan data tentang desa-desa yang mengalami krisis…