hit tracker
Toyota Nasmoco Tegal

Jl. Martoloyo No.113-115, Mintaragen, Tegal

Menu

Suka Duka Petugas KPPS, Berangkat Pagi Pulang Subuh

Monday, April 22nd 2019.

Muhammad Fadli (31) adalah pakar KPPS di TPS 08 di Desa Pegirikan, Kecamatan Talang, Kabupaten Tegal. Pada hari pemungutan suara pada hari Rabu (17/4), ia berada di tempat pemungutan suara sejak pukul 6 pagi dan hanya bisa kembali ke rumahnya pada hari Kamis (18/4), selama panggilan fajar untuk doa-doa yang menggema. Sehari sebelumnya, ia sudah lama bersiap-siap membuat tempat pemungutan suara dan logistik.

"Luar biasa letih, Alhamdulillah, di tempat pemungutan suara di mana saya bertanggung jawab untuk tidak ada penyakit dan kematian seperti di beberapa daerah lain, tetapi tubuh langsung sakit, rasanya seperti dipukuli," katanya kemarin.

Bobot dan durasi KPPS harus diselesaikan karena pada pemilihan umum 2019, pemilih harus memilih presiden, partai politik, anggota DPR, DPRD kabupaten, DPRD kabupaten / kota, dan DPD melalui lima jenis suara. Jumlah suara yang harus ditumbuk tidak hanya membuat pemilih elit, tetapi juga KPPS seperti Fadli.

"Sebenarnya jajak pendapat dan penghitungan selesai pada jam 9:00 pagi. Tetapi file-file tersebut perlu diisi dan rumit, seperti formulir C1 dll. Selain diperinci dan teliti, file-file itu juga harus difotokopi. dan tanda tangan mereka harus berupa tanda tangan basah, "jelasnya.

Pekerjaan maraton adalah menjalankan dari melayani semua warga negara yang akan memilih, menyalin hasil suara, mengisi formulir dan notulen secara manual untuk mengirimkan kotak suara ke PPS di desa untuk membuat Fadli dan enam KPPS lainnya tidak dapat bersantai sekalipun untuk sesaat. Mereka perlu bekerja hampir tanpa akhir.

"Selama belum selesai, jangan pulang, pulang sebentar, pada malam hari, untuk memilih, dari pagi hingga malam, sampai pagi tidak mandi lagi, jangan tidur.

Meskipun ia sangat fasih dan menghabiskan waktu, Fadli mengatakan ia bahagia dan bangga karena pada akhir pemilihan lancar dan aman. Sebagai anggota KPPS, ayah seorang anak menerima upeti sebesar Rp500.000 dan dikurangkan dari pajak penghasilan lima persen Jumlah honorarium tentu tidak sebanding dengan waktu kerja dan beban kerja yang harus diselesaikan, meskipun Fadli tidak terlalu khawatir tentang hal itu.

"Walaupun honorariumnya tidak banyak. Tetapi mudah untuk berkontribusi pada negara. Pada saat pemilihan hanya sekali setiap lima tahun, "katanya.

Di tempat pemungutan suara 08 yang menempati aula di sebuah gedung yang dimiliki oleh sebuah yayasan, ada 290 pemilih di Daftar Pemilih Tetap (DPT)

"Dari pagi hingga siang hari, orang yang ingin memilih terus mengalir. Semangat memilih sangat luar biasa, "kata Fadli di tingkat partisipasi pemilih yang membuatnya lebih mudah untuk menyelesaikan tugas.

Anggota KPPS di TPS 15 di Kampung Rembul, Distrik Bojong, Distrik Tegal, Fahmi Sahab (32) "Pemilihan ini sangat luar biasa, perubahan, pemilihan presiden dan pemilihan legislatif diadakan bersama, lebih berat dari pemilihan sebelumnya, saya hanya bisa pulang pada hari Kamis," katanya kemarin.

] Dia mengungkapkan salah satu momen yang membuatnya dan koleganya KPPS harus disimpan di tempat pemungutan suara sampai dini hari kelelahan dan kantuk ketika menghitung suara untuk seorang kandidat untuk calon DPR RI yang dicocokkan dengan sebuah rencana.

"Itu hanya ditemukan pantas) setelah lima kali, hingga 24.00. Apalagi, kita harus antri lama-lama di desa untuk menyerahkan kotak suara, "katanya.

Bekerja dengan beban yang lebih berat daripada ketika bekerja dalam pemilihan sebelumnya dan jam kerja melebihi jam kerja normal "Untuk menghormati, sebelum pemungutan suara telah dikeluarkan," katanya.

Jumlah TPS pada tahun 2019 di Kabupaten Tegal mencapai 4.533 poin, dan setiap TPS memiliki tujuh KPPS. ada 31.731 KPPS yang telah bekerja keras demi kesuksesan gelar partai demokrasi bersejarah. (jauh / zul)

Mobil Terbaru

Related Article Suka Duka Petugas KPPS, Berangkat Pagi Pulang Subuh

Monday 25 March 2019 | berita

Meskipun waktu pemilihan semakin dekat, masih banyak yang belum memilih. Tetapi setidaknya dengan hasil penelitian tentang Penelitian dan Pengembangan Lintas Parlemen yang menilai kinerja anggota…

Saturday 13 July 2019 | berita

Kepala Dinsos Tegal Diah Kemala Shinta mengatakan, dari total 1.882 KPM dari 940 KK tidak memenuhi persyaratan persyaratan, 677 KK mampu, 215 KK dinyatakan independen,…

Wednesday 7 August 2019 | berita

Para pelaku sangat ingin melakukannya karena bisnis real estat mereka dalam krisis. Aksi itu dimulai setelah salah satu korban, Agung Dwi Anggoro, melaporkannya ke Kantor…