hit tracker
Toyota Nasmoco Tegal

Jl. Martoloyo No.113-115, Mintaragen, Tegal

Menu

Situs Semedo Simpan Fosil 1,8 Juta Tahun

Friday, June 28th 2019.

Sejumlah fosil ditemukan, sekarang disimpan di rumah penemu, Dakri (62). Bahkan beberapa dari mereka masih dipamerkan di gedung sebelah rumah mereka.

Tantra Asih (27), putra Dakri, mengatakan bahwa di sekitar situs terdapat banyak fosil hewan purba. Di antaranya, badak, gajah, gorila, megantropus (monyet raksasa), dan hewan laut purba lainnya.

"Fosil manusia purba juga ditemukan di sekitar situs dalam bentuk gigi dan tengkorak," katanya.

Menurut Tanti, sejauh ini fosil manusia purba yang ditemukan oleh ayahnya adalah jenis Homo erectus. Diperkirakan fosil tersebut berumur 1,8 juta tahun.

Sebagai informasi, ribuan fosil kuno pertama kali ditemukan pada 1987 oleh Dakri (62) penduduk setempat. Namun, itu hanya diperkenalkan kepada keluarganya dan masyarakat sejak 2005 hingga sekarang dengan penemuan fosil di rumah sebelah.

Menjadi objek wisata dan sumber pengetahuan kehidupan kuno, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia melalui Direktorat Jenderal Warisan Budaya dan Museum membangun situs kuno museum kuno Semedo pada tahun 2015 dengan biaya Rp50 miliar bekerja sama dengan pemerintah Kabupaten Tegal. Pada 2019 pekerjaan museum diselesaikan 100 persen.

Rencana ini akan dibuka untuk umum pada tahun 2020. Sejauh ini hanya beberapa fosil yang telah dimasukkan ke dalam bangunan baru Semedo. Sementara yang lain masih menyusun dan menunggu hasil Laboratorium Badan Arkeologi. (muj / zul)

Mobil Terbaru

Related Article Situs Semedo Simpan Fosil 1,8 Juta Tahun

Wednesday 12 June 2019 | berita

Informasi yang dikumpulkan mengatakan, insiden itu bermula ketika korban sedang memperbaiki peralatan pencampur pembuat gelas yang pecah. Beberapa usaha tetapi usaha selalu gagal. Ini tidak…

Saturday 15 June 2019 | berita

Saat ia memperbaikinya, mayat segera bangkit dari stasiun layanan. Toripah, istri korban yang mengetahui kejadian malang tersebut kemudian mencoba membantu dan meminta bantuan dari penduduk…

Monday 8 April 2019 | berita

"Secara Permanen Nomor 1 Tahun 2007 tentang Manajemen Organisasi dan Organisasi dan Sekretariat Pengadilan, ada divisi yurisdiksi kecamatan Dukuhturi dan Kramat. kepada PN Tegal City,…