hit tracker
Toyota Nasmoco Tegal

Jl. Martoloyo No.113-115, Mintaragen, Tegal

Menu

Ratusan Hektare Lahan Pertanian Mengering

Thursday, July 4th 2019.

Manajemen H Muhi Gapoktan, Kamis (4/7) mengatakan aktivitas penambangan pasir dan batu C di sekitar Sungai Gung yang mengalir di Kecamatan Lebaksiu akhirnya membuat sungai tidak mampu mengairi lahan pertanian.

Sungai Gung, yang biasanya mengalir ke daerah pertanian, sekarang telah berhenti sampai lahan pertanian mengering.

"Sekarang banyak petani dari desa tidak dapat menanam dan bahkan menganggur karena penggalian. C. Kontrol ini terjadi sejak sekitar 10 tahun yang lalu, karena ada penambangan pasir dan batu di Sungai Gung," katanya.

Lahan pertanian di desa Lebonganu Kidul, tambah Muhi, dibagi menjadi 4 kelompok petani (poktan).

Diantaranya adalah Pokond Kedondong dengan lahan pertanian seluas 47.170 hektar, Pokemon Sibangkang 45.785 hektar, Pokja Watugede 26.200 hektar, dan Poktan Randualas 19.793 hektar.

Dari empat poktan, kekeringan terburuk terjadi di wilayah pertanian Kedondong dan Sibangkang.

"Hampir puluhan hektar tanah di desa tidak dapat ditanami padi karena tidak ada pasokan air, dan tanah di Pokhara Sibangkang adalah yang paling parah, sekitar 80 persen lahan tidak dapat ditanami. yang diharapkan. Itu sering hilang, "tambahnya.

Sebelum menambang penambangan C di Sungai Gung, Muhi melanjutkan, komunitas petani di daerah itu cukup makmur. Dalam setahun mereka bisa panen padi tiga kali. Tapi sekarang, setahun sekali. Syukurlah dua kali. Petani tidak berani bertarung atau tumbuh lagi karena kurangnya irigasi.

Sementara itu, seorang petani dari Poktan Kedondong, Abdul Muis, mengakui kekurangan pasokan air untuk lahan pertanian di daerahnya karena dampak penambangan penambangan C di Sungai Gung.

Setiap hari di sungai, beberapa perusahaan terus digali.

Beberapa perusahaan menggunakan alat berat untuk merusak aliran

Meskipun kami telah berusaha menanam tanaman sekunder, kami masih kehilangan uang. Di musim tanam tahun ini, ia kehilangan cukup besar sekitar Rp 15 juta. Sebab, modalnya adalah Rp 18 juta untuk menanam kacang panjang dan mentimun dalam setengah hektar. (guh / ima)

Mobil Terbaru

Related Article Ratusan Hektare Lahan Pertanian Mengering

Friday 14 June 2019 | berita

Dalam evaluasi bersama setelah Operasi Ketupat Candi (OKC) 2019, kecelakaan itu terjadi 7 persen. Dari 324 kejadian di Ketupat Temple Operation (OKC) 2018, menjadi 348…

Wednesday 22 May 2019 | berita

Identitas pelaku, Agung (22) dan Moh. Syeful Amal (21). Keduanya adalah penduduk Desa Bengal, Distrik Talang, Distrik Tegal. Wakil Komisaris Polisi Tegal Arianto Salkery mengatakan…

Thursday 11 July 2019 | berita

Mandat Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dibacakan oleh Bupati Brebes Idza Priyanti, pada Upacara Pembukaan TMMD ke-105 di Telaga Desa, Kecamatan Bantarkawung, Brebes, Kamis pagi…