hit tracker
Toyota Nasmoco Tegal

Jl. Martoloyo No.113-115, Mintaragen, Tegal

Menu

Ratusan Hektar Tanaman Padi Terserang Hama

Thursday, April 11th 2019.

Data Departemen Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kabupaten Brebes menyatakan bahwa periode Maret hingga awal April tercatat 136 ha tanaman padi terinfeksi coklat dan busuk. Rinciannya, sebanyak 78 hektar terpapar wereng coklat dan 58 hektar hama.

Kepala Divisi Tanaman Pangan Brebes, Suyekti menjelaskan, selama musim tanam padi periode ini, pihaknya mendapat laporan tentang serangan tanaman coklat dan busuk daun.

Namun area tanaman yang terpengaruh tidak banyak. Pada periode Maret hingga awal April, serangan hama pada wereng coklat terjadi di area seluas 78 hektar. Serangan menyebar ke seluruh wilayah, tetapi sebagian besar ditemukan di 44 hektar Kecamatan Ketugungan dan 31 hektar Bulakamba.

"Dan terakhir kami memantau di Kecamatan Ketanggungan, yang tanamannya terkena hama tanaman, di Desa Ciseureh dan Desa Sindangjaya, di dua desa ini, hama menyerang tanaman yang siap panen dan kami telah bekerja dengan pengendalian hama , "jelasnya.

Selain wereng coklat, ia melanjutkan, petani padi juga terinfeksi hama kandung kemih yang disebabkan oleh jamur atau jamur. Kisaran serangannya dari Maret hingga awal April mencapai 58 hektar. Paling banyak ditemukan di Kabupaten Larangan seluas 12 hektar, Jatibarang 12 hektar dan Paguyangan 9 hektar.

"Termasuk serangan hama Blas kami juga telah melakukan pengendalian hama dengan petani dengan kecanduan narkoba," jelasnya.

Namun, kehadiran kedua hama tidak mempengaruhi produktivitas keseluruhan tanaman padi di Brebes. Sebab, dibandingkan dengan luas tanam padi di sana sangat kecil. Musim tanam padi ini 65.266 ha, area serangan hama hanya 136 hektar.

"Meskipun ada serangan hama, tetapi produktivitas padi di Brebes tidak terpengaruh, karena luas lahan saat ini meningkat dibandingkan tahun lalu, dan produktivitas rata-rata beras mencapai 5-6 ton per hektar. memeriksa ulang sistem kami melalui sistem genteng di Distrik Losari, produktivitas beras ini meningkat menjadi 7-8 ton per hektar, "katanya.

Lebih lanjut dia mengatakan, meskipun serangan hama masih sedikit, tetapi masih perlu diwaspadai. Berbagai upaya juga telah dilakukan untuk membantu petani menangani hama.

"Yang jelas adalah antisipasi serangan hama yang telah kami lakukan, apakah itu pengendalian hama dengan warga dan untuk terus memantau di setiap daerah oleh petugas di lapangan," jelasnya. (ded / wan)

Mobil Terbaru

Related Article Ratusan Hektar Tanaman Padi Terserang Hama

Friday 21 June 2019 | berita

Share this:Click to share on Twitter (Opens in new window)Click to share on Facebook (Opens in new window) Related

Thursday 18 July 2019 | berita

Kepala Sekolah Menengah I Slawi Al Fatah, Kamis (18/7) mengatakan ada 288 siswa baru dan masing-masing mendapat bibit dan bunga untuk ditanam di sekitar lingkungan…

Tuesday 13 August 2019 | berita

Salah satu petani garam Krakahan Raji (48) mengatakan penurunan harga garam sudah mulai terasa sejak awal Agustus. Meskipun terjadi penurunan harga jual secara bertahap, penurunan…