hit tracker
Toyota Nasmoco Tegal

Jl. Martoloyo No.113-115, Mintaragen, Tegal

Menu

Produk Logam Tegal Lebih Berkualitas Dibandingkan dari Luar Negeri

Tuesday, March 26th 2019.

Sejauh ini, pengrajin hanya memenuhi persyaratan kapal domestik. Direktur UD Karya Manunggal Kebasen Komaru Zaman mengatakan kualitas komponen kapal produk Tegal telah diakui oleh perusahaan kapal di Indonesia.

Namun, produk Tegal tidak dapat diekspor karena dibatasi oleh sertifikat LR. Sertifikat, yang merupakan salah satu persyaratan untuk masuknya barang ke luar negeri, sulit bagi pengusaha Tegal untuk mendapatkannya. Bahkan, dia tidak tahu proses pembuatan sertifikat. "Untuk sertifikasi Biro Klasifikasi Indonesia (BKI), pembuat kapal, tetapi bagi mereka yang tidak memiliki sertifikasi LR, kami berharap pemerintah dapat menjembatani," kata Komaru Zaman, yang akrab disapa Komar.

Menurutnya, permintaan komponen kapal dari Tegal cukup tinggi. Hampir setiap bulan, pabrik secara rutin mengangkut suku cadang ke perusahaan besar di Indonesia. Ia menginginkan pengembangan pemasaran ke luar negeri, karena ada banyak kapal asing yang masuk ke Indonesia.

"Misalnya, banyak produk Cina masuk ke Indonesia. Harganya lebih murah, tetapi kualitasnya masih bagus untuk produk Tegal," jelasnya.

Ia tidak mengesampingkan, harga komponen komponen kapal Tegal tinggi, salah satunya adalah biaya sertifikat produk. Pemerintah melalui Kementerian Perindustrian menerapkan sistem baru, setiap produk disertifikasi.

Oleh karena itu, jumlah sertifikasi BKI disesuaikan dengan jumlah item. Padahal, barang memiliki kualitas, ukuran dan bahan yang sama. Karena itu, setiap produksi barang harus memiliki sertifikasi BKI.

"Beberapa waktu lalu, kami mengurus sertifikat BKI, yang berjalan dari sekitar Rp180 juta secara otomatis, harga barang juga meningkat," kata Komar.

Dia menambahkan, komponen kapal yang diproduksi oleh pekerja logam Tegal, termasuk pintu kapal, jendela kapal dan komponen lainnya. Hingga saat ini, hanya dua perusahaan yang memproduksi komponen kapal di Tegal, yaitu UD Setia Kawan dan UD Karya Manunggal. (yer / ima / zul)

Mobil Terbaru

Related Article Produk Logam Tegal Lebih Berkualitas Dibandingkan dari Luar Negeri

Thursday 4 April 2019 | berita

Jumlah penduduk yang menghadiri kampanye untuk para kandidat untuk nomor 01 juga membuat garis brebes di Brebes. Dan untuk mencegah produksi, polisi lalu lintas mengalihkan…

Tuesday 19 March 2019 | berita

Balon-balon itu terungkap di antaranya Ketua Partai Golkar, Airlangga Hartarto dan Calon Presiden Nomor 01 yang dipasang di persimpangan Jalan Maya yang merupakan jalan nasional.…

Friday 14 June 2019 | berita

Dalam evaluasi bersama setelah Operasi Ketupat Candi (OKC) 2019, kecelakaan itu terjadi 7 persen. Dari 324 kejadian di Ketupat Temple Operation (OKC) 2018, menjadi 348…