hit tracker
Toyota Nasmoco Tegal

Jl. Martoloyo No.113-115, Mintaragen, Tegal

Menu

Pemkab Brebes Gelontorkan DAK Rp112,5 Miliar

Friday, April 12th 2019.

Pemerintah Kabupaten Brebes menerima bantuan dari pemerintah pusat dalam bentuk Dana Alokasi Khusus (DAK) sebesar Rp 112,5 Miliar. Dana tersebut dialokasikan untuk pembangunan, rehabilitasi, dan fasilitas pendidikan dasar pendukung di sekolah dasar dan menengah pertama.

Dalam laporannya, Kepala Departemen Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Pendidikan (Dindikpora) Kabupaten Brebes Rojat, menyebutkan bahwa DAK dimaksudkan untuk pengembangan dan rehabilitasi 557 sekolah. Jumlahnya dibagi menjadi 470 sekolah dasar dan 87 sekolah menengah pertama (SMP).

"Untuk dana rehabilitasi dan gedung SD berjumlah Rp 89.318.182.000 dan SMP Rp 23.208.529.000," jelasnya.

Dikatakan bahwa pemberian DAK akan menjadi hasil dari setiap sekolah akan menerima jumlah yang berbeda. Semoga bantuan tersebut bisa sesuai dengan ketentuannya. Seperti, rehabilitasi sekolah, rehabilitasi ruang guru, pengadaan peralatan laboratorium, rehabilitasi laboratorium, MCK, fasilitas pendukung pendidikan, pengadaan buku, komputer dan sebagainya.

Sementara Kepala Dindikpora Tahroni menjelaskan, jumlah bantuan DAK yang diterima karena data yang dilaporkan mengenai kondisi sekolah dasar dan sekolah menengah pertama telah lengkap dan selaras dengan kondisi aktual. Karena itu, ia berharap bahwa kepala sekolah yang menerima bantuan dapat memanfaatkan bantuan sebaik-baiknya.

"Kondisi sekolah yang rusak dilaporkan langsung ke pusat melalui sistem berbasis online, dan mengapa begitu banyak, karena proposal dapodik untuk mendapatkan bantuan, data sudah sinkron," jelasnya.

Selanjutnya, ia menjelaskan, pelaksanaan bantuan DAK sesuai dengan Dokumen Implementasi Anggaran (DPA). "Kegiatan dilakukan melalui partisipasi masyarakat atau swadaya sesuai dengan peraturan pemerintah No. 54 tahun 2010 dengan pelaksanaan bantuan dan pengawasan tim TP4D dari Kejaksaan Negeri Brebes," jelasnya.

Sementara itu, Bupati Brebes Idza Priyanti mengatakan, penerimaan DAK Kabupaten Brebes adalah yang paling dibandingkan dengan daerah tersebut. Oleh karena itu, bantuan ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas pendidikan.

Menurut Idza, dengan bantuan tentunya harus meningkatkan kinerja pendidik, agar dapat meningkatkan sumber daya manusia dan kualitas pendidikan yang lebih baik. "Oleh karena itu, bantuan anggaran ini dapat dikelola dengan baik dan tidak menimbulkan masalah di masa depan," jelsnya.

Idza berharap, bantuan pendidikan DAK dapat dilaksanakan sesuai rencana, pelaksanaan di setiap sekolah penerima DAK pada Tahun Anggaran 2019. Secara definisi, penerima bantuan ini harus lebih baik dari tahun sebelumnya.

"Untuk itu , Saya berharap kerja sama semua elemen pendidikan dan tingkat masyarakat, sehingga kegiatan ini berjalan sesuai aturan, "pungkasnya. (Ded / wan)

Mobil Terbaru

Related Article Pemkab Brebes Gelontorkan DAK Rp112,5 Miliar

Thursday 11 April 2019 | berita

Data Departemen Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kabupaten Brebes menyatakan bahwa periode Maret hingga awal April tercatat 136 ha tanaman padi terinfeksi coklat dan busuk.…

Friday 24 May 2019 | berita

Anggota dewan dari Dapil pantura, Haji Khaeru Soleh, Jumat (24/5) mengatakan, jalur Kabupaten Tegal saat ini terus diperbaiki menjelang mudik Lebaran. . Meski sedang diperbaiki,…

Monday 8 April 2019 | berita

Kepala Pembubaran Distrik Tegal, Prastyawan, Senin (8/4) mengatakan Pilkades bersamaan di Kabupaten Tegal tidak dikenai biaya sebagai hasil dari Kabupaten Tegal. . Dan untuk pelantikan…