hit tracker
Toyota Nasmoco Tegal

Jl. Martoloyo No.113-115, Mintaragen, Tegal

Menu

Menikmati Eksotika Kaindahan Curug Sibedil di Tengah Perkampungan Warga

Saturday, March 23rd 2019.

Air Terjun Sibedil adalah air terjun yang unik. Jika air terjun biasanya jauh dari desa, Air Terjun Sibedil sebaliknya. Posisinya berada di tengah-tengah pemukiman masyarakat, yaitu Jl. Kyai Abdurrosyid, Desa Karangbulu, Desa Sima, Kabupaten Moga, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah.

Namun, situasi ini sebenarnya membuat air terjun Sibedil dapat diakses oleh pengunjung dari mana saja. Bahkan di tengah-tengah desa, air terjun Sibedil masih dipertahankan. Jika kita beruntung dan aliran airnya melimpah, Anda bisa melihat banyak air terjun dan bukan hanya satu.

Dari beberapa narasi lokal, Sibedil diambil dari batu tidak jauh dari air terjun. Bentuknya mirip dengan senjata atau senjata artileri oleh penduduk setempat yang disebut "bedil".

Kata gun perlahan menjadi akrab bagi masyarakat sekitarnya, yang kemudian mengatakan cededil.

Beberapa warga mengatakan, menurut cerita tetua desa setempat pada waktu-waktu tertentu, batu yang menyerupai nosel meriam sering membuat suara seperti suara senjata. Sementara ada banyak keraguan tentang kebenaran, kisah bunyi ledakan telah berevolusi dari kata ke mulut.

Sekarang, untuk sampai ke air terjun Sibedil sangat mudah. Jika Anda berasal dari Pemalang atau Randudongkal, segera setelah Anda tiba di perempatan Moga, belok kanan. Sekitar 1,5 kilometer kemudian Anda akan menemukan Papan Curug Sibedil di sisi kanan jalur Moga-Guci, yang merupakan pintu gerbang ke tujuan wisata alam.

Jika Anda berasal dari Guci, Kabupaten Tegal, Anda akan menemukan Lembaga Curug Sibedil di sisi kiri Jalan Raya Guci-Moga. Dari papan nama, Anda akan melewati Jalan Kampung Sima yang cukup mulus. Kemudian, Anda akan dipandu oleh pejabat wisata, begitu Anda sampai di pintu masuk ke Air Terjun Sibedil.

Untuk sampai ke lokasi air terjun Sibedil dari tempat parkir di desa komunitas, Anda harus pergi ke jalan desa beton. Persiapkan energi dan fisik Anda, karena jalannya cukup naik dan turun dan sempit.

Sekarang, jika Anda telah menemukan jembatan berwarna merah, Anda berdiri tepat di atas air terjun. Dari jembatan, Anda hanya berjalan di sepanjang jalan yang masih memiliki tanah dan batu. Selanjutnya, Anda cukup menuruni tangga batu, dan tiba di Air Terjun Sibedil.

Jika Anda beruntung, Anda dapat melihat anak-anak dan remaja desa melompat dari air terjun. Sayangnya, tidak ada toilet yang representatif di lokasi. Tempat itu hanyalah sebuah ruangan yang menempel pada dinding batu yang mengeluarkan air.

Nah, jika Anda ingin liburan meriah yang murah, air terjun Sibedil dapat dijadikan alternatif. Gas Yukkkk … (zuhlifar arrisandy)

Mobil Terbaru

Related Article Menikmati Eksotika Kaindahan Curug Sibedil di Tengah Perkampungan Warga

Thursday 25 April 2019 | berita

Kepala PPP Kabupaten Tegal Berlian Adji, Rabu (24/4), kata pekerja seks komersial, minuman beralkohol, pijat akan terus dipromosikan di Jalur Pantura. Menurutnya, bisnis seks saat…

Tuesday 16 April 2019 | berita

Wakil Bupati Tegal Sabilillah Ardie, Selasa (16/4) mengatakan bahwa dia telah merawat A5 dan hanya mendapat satu kartu suara. Istrinya, ketika melamar A5, tidak dapat…

Tuesday 16 April 2019 | berita

Sekretaris Jatinegara, kata Basit, logistik dibawa dari kantor kabupaten ke lokasi di dusun Karangsari. Operator logistik Jeep dikendalikan oleh petugas polisi dan petugas Koramil. "Ada…