hit tracker
Toyota Nasmoco Tegal

Jl. Martoloyo No.113-115, Mintaragen, Tegal

Menu

Kesulitan Bahan Baku, Pengusaha Minyak Nilam Stop Produksi

Saturday, July 13th 2019.

Abdul Faqih, salah satu kilang minyak di Kampung Legok, Kabupaten Bantarkawung, mengatakan bahwa bisnis penyulingan harus dihentikan setelah ia tidak lagi menerima bahan baku. oleh petani nilam di wilayah tersebut.

"Kami mengalami kesulitan mendapatkan bahan baku selama hampir tiga minggu, akibatnya kami akan berhenti belanja sementara," kata Faqih, Jumat (12/7).

Dikatakan, ia biasanya menerima bahan baku dari petani dan ditaburkan setiap hari. Tetapi dengan penghentian hujan baru-baru ini, pasokan tanaman nilam dari petani terhambat.

"Ketika saya bertanya, para petani mengakui bahwa mereka kesulitan menjaga tanaman mereka karena irigasi terbatas. Pada saat ini mereka menanam tanaman nilam sebagai teman dengan mengandalkan hujan di kebun dan pertanian," jelasnya. [1945900] Faqih mengatakan upaya lain yang dapat dilakukan dalam menghadapi iklim saat ini adalah beralih dari penyulingan minyak safir ke minyak cengkeh. Namun, langkah ini juga memiliki sedikit masalah dalam pengadaan bahan baku dalam bentuk daun cengkeh karena bertepatan dengan awal musim panen. "Pada musim panen cengkeh, daun yang bisa disuling menjadi minyak cengkeh juga berkurang. Berbeda dengan pohon cengkeh yang masih dalam tahap pematangan, daunnya bisa digunakan cukup banyak," jelasnya.

Daun yang dapat diproduksi menjadi minyak cengkeh adalah daun kering yang jatuh dari pohon itu sendiri.

"Ini bukan daun cengkeh yang sengaja dipilih," kata Faqih.

Nawawi, petani nilam lokal mengklaim bahwa kondisi cuaca kering tidak mendukung tanaman yang mereka kerjakan. Itu karena tanaman nilam sangat sensitif terhadap panas matahari dan membutuhkan pasokan air yang memadai.

"Sudah menjadi kebiasaan kami untuk mengganti tanaman seperti ini, karena meskipun dirawat, hasilnya tidak baik," kata Nawawi. (pri / isme / ima)

Mobil Terbaru

Related Article Kesulitan Bahan Baku, Pengusaha Minyak Nilam Stop Produksi

Thursday 4 April 2019 | berita

Bahkan, tidak hanya dilewati oleh kendaraan roda dua, jembatan selebar 4 meter juga dapat dilintasi oleh kendaraan roda empat. "Untuk persidangan, itu dilakukan dua minggu…

Tuesday 28 May 2019 | berita

Eksekutif Penjualan LPG III Tegal Sandy Rahadian mengatakan bahwa pada akhir bulan ini, ia telah menambahkan 9 persen dari penawaran atau 532.000 tabung. Penambahan untuk…

Thursday 11 April 2019 | berita

& # 39; & # 39; Saat ini ada periode kampanye terbuka. Jadi kami berharap pemilik bengkel sepeda motor dan komunitas tidak akan memasang rem…