hit tracker
Toyota Nasmoco Tegal

Jl. Martoloyo No.113-115, Mintaragen, Tegal

Menu

Jelang UNBK, Siswa Ditariki Uang Rp1 Juta

Wednesday, March 20th 2019.

Di mana ada beberapa sekolah yang menimbang orang tua untuk biaya sekolah. Besarnya juga luamayan. Artinya, setiap siswa sekitar Rp 1 juta.

Kondisi ini diketahui oleh Bupati Tegal Umi Azizah dan anggota Dewan Legislatif Kabupaten Tegal. Karena, selain mengadu ke bupati, banyak orangtua juga mengadu ke DPRD. Melihat masalah itu, bupati dan anggota DPRD mengaku kecewa. Bahkan, output atau retribusi tidak boleh terjadi di sekolah.

Kekecewaan Bupati Tegal Umi Azizah disampaikan saat pelantikan 59 kepala sekolah dasar dan menengah pertama dan Pengawas Sekolah di Aula Kantor Personalia Daerah (BKD) Kabupaten Tegal pada Selasa (19/3) kemarin.

Ia mengaku kecewa dengan sejumlah sekolah di Kabupaten Tegal yang masih mengumpulkan sumbangan dari orang tua untuk implementasi UNBK. Dia mengakui menemukan bahwa setelah beberapa keluhan dari orang tua muncul menjelang pelaksanaan UNBK.

"Biaya untuk membeli komputer. Meskipun banyak orang tua tidak mampu membelinya, mereka akhirnya mengeluh kepada saya, "kata Umi.

Umi menegaskan, untuk sekolah yang belum bisa mengimplementasikan UNBK, jadi tidak dipaksakan. Sekolah tidak bisa membebani orang tua. Semoga kepala sekolah dan pengawas sekolah bisa menjadi agen perubahan dan tolok ukur layanan pendidikan.

"Tingkatkan metodologi dan kompetensi mengajar. Kepala sekolah yang merupakan manajer sekolah harus dapat fokus pada peningkatan kinerja dan pencapaian sekolah mereka, "kata Umi.

Demikian pula, pengawas sekolah. Menurut Umi, mereka harus dapat meningkatkan sensitivitas mereka. Karena pengawas sekolah cenderung terjebak dalam urusan administrasi.

"Jangan terlalu sibuk dengan dokumen administrasi, jadi lupakan untuk membantu kepala sekolah dan guru dalam mengembangkan inovasi pendidikan," katanya.

Sayangnya, dalam kesempatan itu, Umi Azizah tidak menjelaskan secara rinci, sekolah mana pun yang membebankan biaya sekolah kepada siswa yang akan mengikuti UNBK. (yer / ima / zul)

Mobil Terbaru

Related Article Jelang UNBK, Siswa Ditariki Uang Rp1 Juta

Thursday 13 June 2019 | berita

Pemangku Kepentingan Rumah Pemerintah Daerah (Pemuda) Sekretariat Daerah Brebes La Ode Aris Vindar, Kamis (13/6) memastikan bahwa warga yang tidak terdaftar dalam DPT masih dapat…

Wednesday 17 April 2019 | berita

Sebelum melakukan pemungutan suara pilihan mereka, pembangun menemukan nama mereka pada daftar yang sudah disediakan di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 64 di dalam penjara Brebes.…

Thursday 18 April 2019 | berita

Menurut Maryo (55), salah seorang petani di Sipendil Dukuh, Desa Gunungsari mengatakan kuning atau 'Bule' adalah penyakit yang cepat menyerang tanaman. Selain itu, distribusi juga…