hit tracker
Toyota Nasmoco Tegal

Jl. Martoloyo No.113-115, Mintaragen, Tegal

Menu

Gawat, Daya Tampung TPA Penujah Hampir Full

Thursday, May 23rd 2019.

Bupati Tegal Umi Azizah, Kamis (23/5), mengatakan saat ini jumlah sampah diperkirakan akan bertambah. Ini sejalan dengan meningkatnya penggunaan kemasan plastik masyarakat dan jumlah orang yang bertambah banyak setiap tahunnya.

Produksi sampah di Kabupaten Tegal pada 2018 adalah 133.777 meter kubik. Sementara pada 2019, diprediksi akan meningkat 10 persen atau menjadi 147.264 meter kubik. Sementara Situs Final Ground (TPA) di Desa Penujah, Kabupaten Kedungbanteng, yang telah beroperasi sejak 1997, diperkirakan hanya menyisakan kapasitas untuk beberapa tahun ke depan.

"Sampah adalah masalah serius, bukan hanya tentang volumenya, tetapi tentang perilaku kita yang tidak mengetahui akan menghilangkan atau mengelola limbah," katanya.

pengelolaan limbah, tambah Umi, bukan hanya tanggung jawab pemerintah, tetapi juga kewajiban seluruh masyarakat untuk tidak menyia-nyiakan. Diharapkan bahwa kekaisaran desa juga harus terlibat dalam menyelesaikan masalah sampah. Mulai dari menyediakan TPS hingga membangun sistem kesadaran sosial.

"Buang sampah di tempatnya, jika mungkin, dapat dikelola melalui bank sampah di setiap desa. Beberapa desa sudah memiliki bank sampah, bahkan di Desa Pembanding sudah memiliki pabrik pengelolaan limbah sendiri," tambahnya.

Untuk mempersiapkan Idul, Umi melanjutkan, Badan Lingkungan telah menyediakan armadanya untuk bersiap setiap hari. Pengemudi, kru, dan truk selalu siap sedia setiap hari, meskipun waktu ditambahkan untuk mencegah pengumpulan sampah. Terutama tumpukan sampah di objek wisata. (guh / zul)

Mobil Terbaru

Related Article Gawat, Daya Tampung TPA Penujah Hampir Full

Friday 12 April 2019 | berita

"Sesuai dengan prosedur, polisi dilarang keras di daerah pemungutan suara selama pemungutan suara sampai penghitungan suara dilakukan, Polisi di lapangan," kata Arianto saat simulasi Pemilihan…

Saturday 6 July 2019 | berita

Kepala Departemen Perikanan dan Peternakan (DKPP) Kabupaten Tegal Toto Subandriyo, Sabtu (6/7) mengatakan, jumlah ayam DOC dihancurkan dalam periode enam hari ini. 1,4 juta ekor.…

Tuesday 13 August 2019 | berita

Maklumat terbaharu yang tersebar di media sosial (media sosial), salah seorang pelaku yang dikatakan ada masa untuk direkam oleh kamera netizan yang hadir dan menyaksikan…