hit tracker
Toyota Nasmoco Tegal

Jl. Martoloyo No.113-115, Mintaragen, Tegal

Menu

Fikri Faqih Ajak Masyarakat Berdayakan Perpustakaan

Monday, April 1st 2019.

Acara ini diadakan di Amangkurat Pendopo, Kabupaten Tegal, Sabtu (30/3). Hadir pula Deputi Pengembangan Perpustakaan dan Layanan Informasi Perpustakaan, Ofy Sofiana, Wakil Bupati Tegal Sabilillah Ardhie, Kepala Arsip Provinsi Jawa Tengah Prijo Anggoro, dan Kepala Perpustakaan dan Perpustakaan Kabupaten Tegal Afifudin.

Wakil Ketua Komisi X DPR RI Abdul Fikri Faqih menyampaikan bahwa semangat menciptakan masyarakat yang melek aksara yang energetik terus ditingkatkan. Orang-orang perpustakaan harus menarik untuk membuat pengunjung nyaman. "Jika tingkat melek huruf ini rendah, jangan heran jika budaya kita punah," katanya.

Fikri menambahkan bahwa budaya bicara orang Tegal baik, tetapi budaya menulis masih tidak sebagus budaya bicara. Untuk alasan ini, harus diintensifkan agar seimbang. "Kami di DPR berusaha menyelamatkan kekayaan budaya melalui regulasi," katanya.

Sementara itu, Deputi Informasi Perpustakaan Deputi Informasi dan Layanan Perpustakaan Ofy Sofiana mengatakan bahwa budaya sastra Indonesia telah ditinggalkan selama 50 tahun. Di bidang teknologi 75 tahun telah ditinggalkan.

"Hilangnya kemampuan baca tulis harus menjadi dorongan untuk mengejar, terima kasih kepada Tuhan, semangat buta huruf tumbuh," katanya.

Ofy menegaskan hukum dengan jelas menjelaskan bahwa orang memiliki hak untuk mendapatkan layanan dan menggunakan fasilitas perpustakaan. "Perpustakaan telah berubah sehingga memiliki peran penting dalam meningkatkan kemampuan masyarakat untuk mengubah kualitas hidup untuk mencapai kesejahteraan yang lebih baik," katanya.

Budaya membaca, menurut Ofy, tidak lahir tiba-tiba. Cinta membaca harus ditanam lebih awal, dan itu dimulai dengan keluarga.

Wakil Bupati Tegal Sabillah Ardhie menghargai kegiatan safari seperti membaca ini. Ardie berharap kegiatan ini akan berkelanjutan, sehingga bisa menjadi budaya. Terutama di tahun politik ini, jika Anda tidak suka membaca, itu sangat lemah dengan tipuan. (Guh / zul)

Mobil Terbaru

Related Article Fikri Faqih Ajak Masyarakat Berdayakan Perpustakaan

Monday 15 April 2019 | berita

TPS yang rentan terhadap salah satunya di dekat rumah calon legislatif (Caleg) dikategorikan rentan selama Pemuter 2019. Poin TPS rentan lainnya juga dapat terjadi di…

Sunday 7 April 2019 | berita

Upaya ini telah dilakukan dengan mensosialisasikan perilaku hidup bersih dan sehat yang dibungkus melalui pertunjukan boneka di Hanggawana, alun-alun Slawi pada hari Jumat (5). /…

Wednesday 24 July 2019 | berita

Direktur PDAM, Brahmono Weko Pujiono, Rabu (24/7) mengatakan pengembangan akses dalam bentuk tambahan 12,6 kilometer pipa baru akan menyebar di Kabupaten Tegal. Salah satunya adalah…