hit tracker
Toyota Nasmoco Tegal

Jl. Martoloyo No.113-115, Mintaragen, Tegal

Menu

Duh, Jelang Puasa Harga Sayuran Mulai Merangkak Naik

Sunday, April 21st 2019.

Kenaikan harga diduga sebagai akibat dari kekurangan stok karena produksi rendah sejalan dengan cuaca saat ini

"Saat ini, hanya beberapa varietas sayuran mulai menaikkan harga karena produksinya tidak optimal karena tingginya tingkat penyakit, "kata Waluyo (56) petani desa Pandansari, Sabtu (20/4).

Beberapa komoditas mengalami kenaikan harga, termasuk kol, cabai merah, tomat, dan bawang. Kenaikan itu, menurut dia, berkisar antara Rp1.000 hingga Rp2.000 / kg.

"Curah hujannya terlalu tinggi, bukan tanpa kerepotan petani, terutama dalam pemeliharaan tanaman karena meningkatnya penyakit. Tentu saja dampak dari penurunan produksi, sehingga harga jualnya lebih tinggi," katanya.

Sebaliknya, Waluyo melanjutkan, sebelum bulan puasa masyarakat masih harus dipenuhi.

"Ketika hukum berlaku di pasar, jika produksinya berlimpah, harga akan turun, sebaliknya, jika produksi turun, harganya akan naik. Kebetulan, ketersediaan di wilayah kami masih bagus," jelasnya.

Tidak semua jenis sayuran mengalami kenaikan harga seperti sekarang. Wortel sebagai salah satu komoditas utama yang ditanam petani di sana, harganya masih stabil, yakni Rp 3.500 per kilogram.

Dia mengatakan Muhaemin (60) petani lain, dengan curah hujan tinggi, petani menghadapi biaya tambahan untuk memenuhi persyaratan obat.

"Karena penyakit hama, sangat rentan terhadap serangan selama musim hujan, sehingga biayanya lebih tinggi untuk pembelian obat-obatan," jelasnya.

Biaya lain yang dikeluarkan adalah upah untuk pekerja perkebunan yang bertanggung jawab atas penyemprotan, untuk memelihara lebih banyak tanaman tambahan di lapangan.

"Meskipun sebentar lagi bulan puasa akan datang, jadi bisa dipastikan harga jual akan naik karena situasi ini," pungkasnya. (pri / wan)

Mobil Terbaru

Related Article Duh, Jelang Puasa Harga Sayuran Mulai Merangkak Naik

Thursday 1 August 2019 | berita

Divisi Pengembangan Kabupaten Tegal Solihin, Kamis (1/8) mengatakan bahwa Regulator Tegal telah menetapkan jadwal untuk pengembangan Pasar Margasatwa dan semua organisasi perangkat regional yang kompeten…

Monday 18 March 2019 | berita

Anda dapat merasakan kehancuran luar biasa dalam Pariwisata Hutan Pinus Prabalintang di Desa Danasari, Bojong. Sama seperti Afit Hera dengan suaminya, Deden, dan putra mereka…

Tuesday 9 July 2019 | berita

Ketua PKB PKB Iskandar Ali Syahbana mengatakan PKB pada 20 Agustus akan mengadakan Kongres di Bali. Mengenai hal ini, DPC Pemalang PKC telah menyatakan dukungan…