hit tracker
Toyota Nasmoco Tegal

Jl. Martoloyo No.113-115, Mintaragen, Tegal

Menu

Duh, Jelang Puasa Harga Sayuran Mulai Merangkak Naik

Sunday, April 21st 2019.

Kenaikan harga diduga sebagai akibat dari kekurangan stok karena produksi rendah sejalan dengan cuaca saat ini

"Saat ini, hanya beberapa varietas sayuran mulai menaikkan harga karena produksinya tidak optimal karena tingginya tingkat penyakit, "kata Waluyo (56) petani desa Pandansari, Sabtu (20/4).

Beberapa komoditas mengalami kenaikan harga, termasuk kol, cabai merah, tomat, dan bawang. Kenaikan itu, menurut dia, berkisar antara Rp1.000 hingga Rp2.000 / kg.

"Curah hujannya terlalu tinggi, bukan tanpa kerepotan petani, terutama dalam pemeliharaan tanaman karena meningkatnya penyakit. Tentu saja dampak dari penurunan produksi, sehingga harga jualnya lebih tinggi," katanya.

Sebaliknya, Waluyo melanjutkan, sebelum bulan puasa masyarakat masih harus dipenuhi.

"Ketika hukum berlaku di pasar, jika produksinya berlimpah, harga akan turun, sebaliknya, jika produksi turun, harganya akan naik. Kebetulan, ketersediaan di wilayah kami masih bagus," jelasnya.

Tidak semua jenis sayuran mengalami kenaikan harga seperti sekarang. Wortel sebagai salah satu komoditas utama yang ditanam petani di sana, harganya masih stabil, yakni Rp 3.500 per kilogram.

Dia mengatakan Muhaemin (60) petani lain, dengan curah hujan tinggi, petani menghadapi biaya tambahan untuk memenuhi persyaratan obat.

"Karena penyakit hama, sangat rentan terhadap serangan selama musim hujan, sehingga biayanya lebih tinggi untuk pembelian obat-obatan," jelasnya.

Biaya lain yang dikeluarkan adalah upah untuk pekerja perkebunan yang bertanggung jawab atas penyemprotan, untuk memelihara lebih banyak tanaman tambahan di lapangan.

"Meskipun sebentar lagi bulan puasa akan datang, jadi bisa dipastikan harga jual akan naik karena situasi ini," pungkasnya. (pri / wan)

Mobil Terbaru

Related Article Duh, Jelang Puasa Harga Sayuran Mulai Merangkak Naik

Thursday 13 June 2019 | berita

Pemangku Kepentingan Rumah Pemerintah Daerah (Pemuda) Sekretariat Daerah Brebes La Ode Aris Vindar, Kamis (13/6) memastikan bahwa warga yang tidak terdaftar dalam DPT masih dapat…

Monday 18 March 2019 | berita

Bocah malang itu bahkan meninggal dalam ketidaknyamanan, Minggu (17/3) kemarin, setelah mendapatkan perawatan medis di Rumah Sakit Brebes. SA diduga menjadi korban kekerasan ayah biologisnya,…

Wednesday 22 May 2019 | berita

Pemeriksaan yang dipimpin oleh Walikota Tegal Dedy Yon Supriyono dan Wakil Walikota Muhammad Jumadi dilakukan dengan menyisihkan dua pasar tradisional yaitu Bandung dan Pasar Langon.…