hit tracker
Toyota Nasmoco Tegal

Jl. Martoloyo No.113-115, Mintaragen, Tegal

Menu

Dorong Pertumbuhan Ekonomi, Pemerintah Godok RUU Bekraf

Sunday, March 31st 2019.

Wakil Ketua Komisi X Drs Abdul Fikri mengatakan bahwa ini adalah era di mana pertumbuhan ekonomi tidak lagi didasarkan pada sumber daya alam (SDA). Tetapi pada kreativitas rakyat.

"Oleh karena itu, untuk mendorong pengembangan ekonomi kreatif, kita perlu dukungan dari beberapa pihak, ini yang kita ketahui oleh ABCGM," katanya, Minggu (31/3).

Diterbitkan oleh Fikri, ABCGM adalah singkatan dari Academic, Businessman, Community, Government, Media. Akademisi, bagaimana menghubungkan perguruan tinggi yang ada dengan ekonomi kreatif.

"Itu harus penelitian mereka untuk menggali ide-ide dari ekonomi kreatif, dan juga pencipta ekonomi kreatif harus mengambil ide penelitian," katanya.

Belakangan, kata Fikri, Pengusaha harus melirik ekonomi kreatif. Karena, di masa depan tidak dapat mengandalkan bisnis yang mungkin rentan terhadap konservasi alam.

"Mengubah pola pikir seorang pengusaha tidak mudah, tetapi jika dilakukan dengan cara itu mungkin," katanya.

Kemudian, lanjut Fikri, komunitas yang saat ini memiliki 16 sub sektor yang ada harus dihubungkan bersama. Jadi jangan mengandalkan satu sektor saja.

"Maka Pemerintah dan Negara harus hadir dan ada batasan peraturan, oleh karena itu saat ini sedang disusun oleh RUU ekonomi kreatif," jelas Fikri.

Menurut Fikri, saat ini ada banyak pemerintah daerah yang membuat peraturan untuk mendukung ekonomi kreatif. Namun, lebih diharapkan bahwa akan ada kerja sama antara pemerintah daerah dan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf).

"Dengan MoU itu tentu akan memudahkan dalam memberikan pelatihan," pungkasnya. (muj / zul)

Mobil Terbaru

Related Article Dorong Pertumbuhan Ekonomi, Pemerintah Godok RUU Bekraf

Monday 22 April 2019 | berita

Sekretaris Daerah Brebes Dindikpora Aditya Perdana Ujian Nasional, Senin (22/4), mengatakan tahun ini tidak semua sekolah menengah pertama dapat melakukan UNBK. Dia menargetkan 2020 semua…

Friday 12 April 2019 | berita

Bertentangan dengan sesi pleno sebelumnya, serangkaian acara melalui bahasa Tegalan Bukan hanya program yang menggunakan bahasa kota maritim. Namun pernyataan pembukaan dari Ketua DPRD, Walikota…

Thursday 18 April 2019 | berita

"Harus dilindungi bahwa implementasi PSU di kedua desa dapat berjalan dengan aman dan lancar," katanya, Kamis (18/4). ] Menurutnya, tidak ada persiapan khusus untuk menjaga…