hit tracker
Toyota Nasmoco Tegal

Jl. Martoloyo No.113-115, Mintaragen, Tegal

Menu

Antisipasi Ikan Berformalin, Dinkes Uji Laboratorium di Lokasi Lelang

Tuesday, May 21st 2019.

Sekretaris Tegal Widodo Joko Mulyono, Selasa (21/5) mengatakan, kali ini sengaja difokuskan pada lokasi pelelangan ikan. Mengingat lokasi itu, banyak ikan milik nelayan disimpan dalam wadah dan diberi es untuk memastikan mereka beku. "Ikan yang tidak terjual hari ini akan disimpan di peti dan diberi es untuk memastikan beku dan ini rentan, jika ada nelayan nakal, ikan itu dimasukkan ke dalam kotak yang disediakan oleh formalin," katanya.

Maka Dinas Kesehatan ikut serta dalam pemeriksaan, tambah Joko, segera melakukan tes laboratorium di lokasi lelang. Beberapa sampel ikan di dada diambil untuk diuji oleh pasukan. Hasilnya segera diumumkan di sana. Sehingga ikan yang didapat dari formalin akan dijamin oleh tim.

"Jika hasil pemeriksaan ikan positif menggunakan formalin, maka itu juga akan berhenti dipasarkan, oleh karena itu, pasukan melakukan tes laboratorium di lokasi lelang," tambahnya.

Salah satu anggota tim Bebeng Mohan mengakui bahwa sampai sekarang kelompok ini masih melakukan tes laboratorium terhadap sejumlah sampel ikan di dada. Untuk saat ini, pasukan meminta TPI untuk tidak mengirim ikan yang masih dalam pengujian laboratorium terlebih dahulu, sehingga ada hasil tim apakah ikan mengandung formalin atau tidak.

Setelah menunggu beberapa jam, akhirnya hasil tes laboratorium menunjukkan bahwa ikan di TPI negatif dari zat berbahaya. (guh / zul)

Mobil Terbaru

Related Article Antisipasi Ikan Berformalin, Dinkes Uji Laboratorium di Lokasi Lelang

Sunday 16 June 2019 | berita

CCTV yang siap merekam kejahatan akan menyebar di 80 titik di sepanjang jalan di Kabupaten Tegal. Pusat kontrol CCTV berada di Pusat Komando Manajemen Lalu…

Thursday 11 April 2019 | berita

Data Departemen Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kabupaten Brebes menyatakan bahwa periode Maret hingga awal April tercatat 136 ha tanaman padi terinfeksi coklat dan busuk.…

Wednesday 27 March 2019 | berita

Sebelumnya, Habib Salim juga bertemu dengan ulama Ahmad bin Said di Pondok Pesantren At-Tauhidiyah. Harmoni antara Habib Salim dan Ahmad Kyai telah lama terjalin. Tidak…