hit tracker
Toyota Nasmoco Tegal

Jl. Martoloyo No.113-115, Mintaragen, Tegal

Menu

7 Ribuan Lulusan SMK di Kabupaten Tegal Masih Nganggur

Friday, March 29th 2019.

Menurut Sekretaris Jenderal, tingginya angka pengangguran disebabkan berbagai faktor. Salah satunya adalah keterampilan tenaga kerja, berbeda dengan keinginan perusahaan.

Disampaikan oleh Sekretaris, dari data yang ada masih 8,45 persen dari tenaga kerja di Kabupaten Tegal belum memiliki pekerjaan tetap. "Kami tidak menyangkal sumber daya manusia yang telah disiapkan sekolah, itu tidak sesuai dengan permintaan perusahaan, jadi kami telah menyerahkan ke Departemen Dikbud untuk mempersiapkan siswa-siswa terampil yang siap bekerja," katanya.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) pada tahun 2018, tambah Joko, 65 dari 100 penduduk di Kabupaten Tegal aktif di pasar tenaga kerja. Ironisny, di pasar tenaga kerja, tidak bisa diserap oleh kebutuhan perusahaan, terutama di Kabupaten Tegal.

Dengan demikian, Sekda mengatakan lagi, ada peningkatan tingkat pengangguran 1,12 persen dari tahun sebelumnya. Pengangguran tertinggi berasal dari daerah pedesaan.

Selain itu, hingga kini ada sekitar 7.000 lulusan yang belum absen dari peluang kerja. "Insya Allah, kali ini investor yang menjadikan perusahaan di Kabupaten Tegal mulai bermunculan, terutama pabrik garmen di Margasari," kata Sekretaris.

Dalam hal itu, Sekretariat, ada juga Pembangkit Listrik Tenaga Angin (PLTA) juga diyakini mampu menyerap lebih sedikit tenaga kerja. "Semoga jumlah pengangguran bisa ditekan," tambahnya.

Untuk mengurangi jumlah pengangguran, lanjut Joko, Pekan Tegal melalui rencana layanan terkait untuk menghilangkan beberapa jurusan di SMK yang tidak tertarik pada perusahaan. Pemkab Tegal akan segera berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi, karena kewenangannya saat ini di sana.

"Tujuannya agar lulusan SMK di Kabupaten Tegal siap bekerja," pungkasnya. (Guh / zul)

Mobil Terbaru

Related Article 7 Ribuan Lulusan SMK di Kabupaten Tegal Masih Nganggur

Wednesday 27 March 2019 | berita

Operasi yang juga melibatkan Subdenpom IV / 1-3 Tegal dimulai dari pukul 20:00 hingga 1:15 siang. Petugas gabungan mengunjungi dan menguatkan area yang ditunjukkan oleh…

Wednesday 29 May 2019 | berita

Informasi yang terkumpul berhasil menyatakan peristiwa dimulai ketika korban dan 4 temannya sedang mandi. Tiba-tiba korban diangkut ke sungai dan tenggelam. Korban diyakini telah jatuh…

Monday 27 May 2019 | berita

Kepala Kepolisian Tegal Barat Kompol Sugeng mengatakan dalam kegiatan semalam, pihaknya menyisir setidaknya lima lokasi berbeda. Lima gerai terletak di jalan-jalan Kapten Sudibyo, area pelabuhan…