hit tracker
Toyota Nasmoco Tegal

Jl. Martoloyo No.113-115, Mintaragen, Tegal

Menu

4.821 Warga Brebes Bakal Nyoblos di Luar Daerah

Friday, April 12th 2019.

Ketua KPU Brebes, Muamar Riza Pahlevi menyebutkan bahwa jumlah tersebut berdasarkan permintaan transfer TPS yang diajukan ke KPU dengan mengisi formulir A6. Permintaan transfer TPS tidak hanya diajukan ke KPU kabupaten asli tetapi juga dari daerah tujuan.

"Dari jumlah itu, pemilih yang keluar di daerah asal adalah 993 pemilih dan yang mengurus daerah tujuan adalah 3.828 pemilih," kata Riza ketika ditemui di kantornya, Jumat (12/4).

Riza mengatakan, para pemilih yang memutuskan untuk memindahkan TPS karena berbagai alasan adalah bahwa para pemilih bepergian, sekolah dan perguruan tinggi di luar kota, bekerja, atau ada kebutuhan lain selama hari pemungutan suara, sehingga mereka tidak dapat menyalurkan suara mereka di TPS asli.

Dia menambahkan, selain pemilih yang memindahkan TPS keluar dari daerah, ada juga pemilih yang datang. Tercatat, ada 1.392 pemilih dari luar wilayah yang kemudian akan menyalurkan suara mereka di TPS di Brebes.

"Perincian, pemilih yang masuk atau yang akan datang di daerah asal adalah 324 pemilih, dan yang mengurus daerah tujuan 1.068 pemilih."

Terkait dengan para pemilih yang pada saat hari pemungutan suara terluka dan dirawat di rumah sakit, KPU Brebes terus memfasilitasi mereka. Agar tetap bisa menyalurkan suara mereka dan tidak pergi, KPU memungkinkan pemilih rumah sakit untuk memilih di TPS terdekat.

Caranya, yaitu membawa surat undangan pemilih atau formulir C6 yang terdaftar atas namanya dan menunjukkannya kepada petugas KPPS di lokasi untuk memilih. Ini juga berlaku untuk pemilih yang saat ini dipenjara di Lembaga Pemasyarakatan Brebes (Penjara).

"Kami tidak menyediakan TPS khusus di rumah sakit dan stasiun penjara, mereka dapat menyalurkan suara mereka di Pemilu 2019 di TPS terdekat dengan membawa formulir C6," jelasnya.

Hanya saat itu, para pemilih yang melayani jumlah mereka terbatas. Ini disesuaikan dengan jumlah surat suara yang tersedia di tempat pemungutan suara yang digunakan untuk pemungutan suara. Di bawah peraturan, jumlah surat suara yang ada berdasarkan jumlah DPT yang tercantum dalam TPS ditambah dua persen sebagai cadangan.

Sementara itu, terkait persiapan logistik Pemilu, KPU Brebes saat ini masih melakukan pengemasan. Nantinya semua logistik akan menyertakan kotak suara, surat suara, dan lainnya akan didistribusikan ke setiap distrik mulai Sabtu (13/4/2019) hingga Senin (15/4/2019) besok. Terakhir pada eksekusi H-2.

"Selama inventarisasi surat suara di TPS terdekat masih ada, tetapi jika persediaan surat suara habis, tidak dapat dilayani," katanya. (fid / wan)

Mobil Terbaru

Related Article 4.821 Warga Brebes Bakal Nyoblos di Luar Daerah

Thursday 28 March 2019 | berita

"Anggaran berasal dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah," kata Kepala Perumahan, Permukiman, dan Perencanaan Tata Ruang (Perkimtaru) Kabupaten Tegal, Jaenal Dasmin , setelah Sosialisasi Bantuan Keuangan…

Monday 8 April 2019 | berita

Kepala Pembubaran Distrik Tegal, Prastyawan, Senin (8/4) mengatakan Pilkades bersamaan di Kabupaten Tegal tidak dikenai biaya sebagai hasil dari Kabupaten Tegal. . Dan untuk pelantikan…

Saturday 23 March 2019 | berita

"Peserta kampanye terbuka atau unjuk rasa harus mengikuti perkembangan peraturan lalu lintas di jalan, baik dari rumah ke lokasi kampanye atau sebaliknya," Kasatlantas Polres Tegal…