hit tracker
Toyota Nasmoco Tegal

Jl. Martoloyo No.113-115, Mintaragen, Tegal

Menu

2.642 Warga Brebes Derita Penyakit TBC

Monday, March 25th 2019.

Artinya, hingga kini masih ada 30 persen dari kasus yang tidak dapat dijelaskan dan belum ditemukan. Hal itu diungkapkan oleh Departemen Kesehatan Kabupaten Brebes (Drs) Sartono saat puncak peringatan Hari Tuberkulosis Dunia di halaman Islamic Centre Building Brebes, Minggu (24/3).

"Jumlah kematian akibat TBC dari 2017-2018 menurun, masing-masing 44 kasus dan 17 kasus," kata Dr. Sartono dalam sambutannya.

Meskipun mengalami penurunan, pihaknya akan terus berusaha menekan jumlah penyakit menular. Dari total pasien TB yang dirawat di Kabupaten Brebes, tingkat pemulihan belum mencapai target, tetapi hanya 70 persen. Sedangkan kasus pasien yang berhenti dalam proses perawatan atau DO juga cukup tinggi mencapai 11 persen.

"Akibatnya, kasus TB multi-resistan terhadap obat (TB-MDR) juga tinggi. Dari 2011 hingga Februari 2019, kami mencatat jumlah kasus TB-MDR di Brebes yang mencapai 165 orang yang tersebar di 38 pusat kesehatan. Ini juga merupakan keprihatinan serius kita untuk ditangani, "katanya.

Menurutnya, melalui puncak peringatan Hari TB Sedunia, ini bisa menjadi momentum di mana kesadaran masyarakat tentang bahaya TB meningkat.

Ini berarti bahwa orang dapat memainkan peran aktif dan masif dalam lingkungan mereka untuk menemukan TB, serta mendorong pasien untuk memeriksakan diri dan melakukan perawatan secara menyeluruh.

"Melalui kegiatan seperti kesadaran publik dalam mempromosikan TB dapat lebih tinggi, "katanya.

Selanjutnya, katanya, dalam upaya untuk mendorong kesadaran masyarakat dan mensukseskan program TBC Bebas Indonesia pada tahun 2030, melakukan konseling dan skrining TB di tempat-tempat ramai, seperti pondok santren, penjara dan sekolah.

Kemudian, Gerakan Pers Penyaringan TBC diadakan secara serentak di Distrik Brebes, Kompetisi Hari Tuberkulosis Dunia, Kompetisi Kader dan Petugas TBC Terbaik dan promosi melalui media massa.

"Melalui program yang ada, diharapkan tujuan akan tercapai di masyarakat, dengan signifikansi partisipasi masyarakat. , "simpulnya. (ded / isme / zul)

Mobil Terbaru

Related Article 2.642 Warga Brebes Derita Penyakit TBC

Saturday 20 April 2019 | berita

"Apa pun yang terjadi, masyarakat harus menunggu dengan sabar untuk keputusan atau hasil resmi Komisi Pemilihan Umum (KPU)," kata Kepala Biro Operasi (Karo Ops) ,…

Friday 5 April 2019 | berita

"Pemilihan presiden 2014 di Kabupaten Tegal kami dapatkan 63 persen, terlihat antusias pada sore ini, meskipun tidak ada hujan di arah lain, persen yang setuju…

Thursday 21 March 2019 | berita

Keempat adalah Dul Mukmin (38); Susi Susanti (36); Faridah (28), tahun; dan Rinjanah (15) menderita kelumpuhan sejak kecil. Sejauh ini penyakit mereka belum pulih, sehingga…